REVIEW
LITERATUR
MAKALAH
Disusun Guna Memenuhi
Tugas
Mata Kuliah: Metodologi Penelitian Pendidikan
DosenPengampu: Dr.
Fahrurrozi, M.A.g
Disusun oleh:
Nur
Indah Tri S (113311005)
Nur
Chasanah (113311018)
Laily
Maftukhah (113311030)
Fauziyah (113311044)
FAKULTAS
ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI WALISONGO
SEMARANG
2014
LITERATURE REVIEW
I.
PENDAHULUAN
Dalam menulis proposal ataupun laporan hasil kerja dalam bentuk
tugas akhir, skripsi, thesis ataupun dalam kegiatan kerja di perusahaan atau
masyarakat, studi pustaka ataupun literature review sangat diperlukan untuk
memberikan dasar/landasan yang kuat mengenai kenapa kita memilih tema tertentu,
kenapa kita menerapkan metode tertentu dan bukan metode yang lainnya atau
sekedar memberi dasar/landasan teori yang menjadi fondasi lingkup pekerjaan
yang ingin kita laporkan.
Literature review adalah uraian tentang teori, temuan, dan
bahan penelitian lainnya yang diperoleh dari bahan acuan untuk dijadikan
landasan kegiatan penelitian untuk menyusun kerangka pemikiran yang jelas dari
perumusan masalah yang ingin diteliti. Di sumber yang lain
mengatakan, literature review adalah analisa berupa kritik (membangun
maupun menjatuhkan) dari penelitian yang sedang dilakukan terhadap topik khususatau
pertanyaan terhadap suatu bagian dari keilmuan. Literature
review merupakan cerita ilmiah terhadap suatu permasalahan tertentu.
Literature review berisi ulasan, rangkuman, dan pemikiran
penulis tentang beberapa sumber pustaka (artikel, buku, slide, informasi
dari internet, dll) tentang topik yang dibahas. Literature
review yang baik harus bersifat relevan, mutakhir, dan memadai. Landasan
teori, tinjauan teori, dan tinjauan pustaka merupakan beberapa cara untuk
melakukan literature review. Tulisan ini mengetengahkan beberapa langkah
utama yang mungkin berguna bagi kita dalam mempersiapkan suatu studi pustaka
atau literature review.
II.
RUMUSAN MASALAH
A.
Apa pengertian
dan pentingnya review literatur?
B.
Bagaimana
perbedaan review literature kualitatif dan kuantitatif?
C.
Apa saja langkah-langkah
dalam mereview literatur?
III.
PEMBAHASAN
A.
Pengertian dan
pentingnya review literature
Literature
review adalah uraian tentang teori, temuan, dan bahan penelitian lainnya yang
diperoleh dari bahan acuan untuk dijadikan landasan kegiatan penelitian untuk
menyusun kerangka pemikiran yang jelas dari perumusan masalah yang ingin
diteliti. Di sumber yang lain mengatakan, literature review adalah analisa
berupa kritik (membangun maupun menjatuhkan) dari penelitian yang sedang
dilakukan terhadap topik khusus atau pertanyaan terhadap suatu bagian dari
keilmuan.
Literature
review berisi ulasan, rangkuman, dan pemikiran penulis tentang beberapa sumber
pustaka (artikel, buku, slide, informasi dari internet, dll) tentang topik yang
dibahas. Landasan teori, tinjauan teori, dan tinjauan pustaka merupakan
beberapa cara untuk melakukan literature review.
Tujuan
melakukan literatur review adalah untuk mendapatkan landasan teori yang bisa
mendukung pemecahan masalah yang sedang diteliti. Teori yang didapatkan
merupakan langkah awal agar peneliti dapat lebih memahami permasalahan yang
sedang diteliti dengan benar sesuai dengan kerangka berpikir ilmiah. Tujuan
lain dari literatur review ini adalah untuk mendapatkan gambaran yang berkenaan
dengan apa yang sudah pernah dikerjakan orang lain sebelumnya.[1]
Review
literature merupakan ringkasan secara tertulis dari artikel jurnal, buku dan
dokumen lain yang mendeskripsikan informasi masa lalu dan sekarang, mengatur
literatur ke topik-topik dan dokumen yang dibutuhkan dari pembelajaran. Jadi,
review yang bagus juga harus berisi informasi-informasi lain yang menggambarkan
tentang isi konferensi atau kabar informasi buku-buku dan dokumen-dokumen
pemerintah. Kamu juga dapat memperlengkap literature dengan menyediakan fakta-fakta
yang dibutuhkan oleh edukator, yaitu
dengan berbagai cara sebagai berikut:
1.
Mempelajari
ide-ide baru
2.
Mendiskripsikan
penemuan-penemuan yang terbaru
3.
Mengidentifikasikan
praktek-praktek yang dapat membangun pembelajan didalam kelas
Membaca
literature membantu kita mempelajari bagaimana para edukator-edukator menyusun
penelitian mereka dan membantu kita menemukan contoh dan model yang bermanfaat
dalam literature yang kita teliti.[2]
Dalam penelitian kualitatif, telaah pustaka (
literature review) merupakan bagian yang sangat penting. Berbeda dengan
penelitian kuantitatif, tujuan pokok melakukan telaah pustaka dalam penelitian
kualitatif bukan untuk mengemukakan teori yang relevan yang kemudian
dideduksikan pada gejala yang hendak diteliti untuk kemudian peneliti membangun
hipotesis dan mengupayakan operasionalisasi konsep serta kemudian
pengukuran-pengukuran, melainkan untuk melakukan jelajahan literatur guna
menemukan beberapa hal, misalnya gambaran bagaimana penelitian dengan
topik yang sama atau mirip telah dilakukan oleh peneliti lain, penggunaan konsep-konsep
tertentu oleh peneliti lain yang mungkin juga akan digunakan atau setidaknya
dianggap relevan dan temuan-temuan empirik oleh peneliti lain yang mungkin
dapat dirujuk.[3]
B.
Perbedaan
review literature kualitatif dan kuantitatif
1)
Penelitian kuantitatif
Dalam pembelajaran kuantitatif peneliti
membacakan literature secara luas dibagian awal. Hal ini menyediakan 2 tujuan
utama yaitu:
a.
Menunjukan pentingnya problem-problem didalam
penelitian tersebut.
b.
Menyediakan (secara rasional) tujuan
pembelajaran dan hipotesis.
Kebanyakan dalam metode kuantitatif penulis
memasukan literature kedalam bagian yang terpisah dan diberi judul “Review
of the literature”. Dan untuk menekankan pentingnya bagian tersebut penulis
juga menambahkan bagian akhir pembelajaran, kemudian membandingkan hasilnya
dengan prediksi atau harapan yang dibuat diawal pembelajaran.
2)
Penelitian kualitatif
Literature
menyediakan tujuan yang sedikit berbeda dengan penelitian kuantitatif, penulis
menjelaskan diawal pembelajaran untuk menunujukan pentingnya permasalahan dalam
penelitian tersebut. Tetapi dalam penelitian kualitatif penulis tidak membahas
literature diawal pembelajaran.[4]
1.
Penelitian Kualitatif
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam hubungannya dengan
penggunaan literatur, yaitu :
a.
Literatur yang digunakan
harus sesuai dengan asumsi-asumsi metodologis penelitian kualitatif, yaitu harus digunakan secara induktif sehingga tidak
mengarahkan permasalahan-permasalahan yang dipecahkan oleh peneliti.
b.
Penelitian kualitatif
adalah penelitian yang bersifat eksploratif bukan penelitian kepustakaan atau
penelitian terhadap topik yang telah ditulis oleh orang lain sebelumnya.
c.
Dalam penelitian yang
bersifat etnografis, maka literatur mengenai konsep dan teori kritis budaya
diperkenalkan oleh peneliti diawal rencana studi, namun untuk peneliti teori
dasar, studi kasus dan studi fenomenologi maka penggunaan literatur diabaikan
atau sedikit digunakan untuk menyusun langkah penelitian.
Dengan mengacu kepada tiga hal diatas maka dapat digunakan tiga alternatif untuk
meletakkan literatur atau hasil analisis literatur dalam laporan penelitian
yaitu:
a)
Literatur digunakan
sebagai acuan, landasan teori dalam merumuskan masalah penelitian yang diletakkan dibagian pendahuluan hasil penelitian.
b)
Literatur ditempatkan pada
bab terpisah sebagai suatu review atau analisis literatur.
c)
Literatur ditempatkan
dibagian akhir hasil penelitian dan dijadikan sebagai dasar dan bahan acuan
untuk memkontraskan dan membandingkan temuan penelitian dengan literatur
tersebut.
2.
Penelitian Kuantitatif
Dalam penelitian kuantitatif literatur digunakan secara deduktif sebagai
dasar untuk mengemukakan pertanyaan-pertanyaan penelitian atau hipotesis.
Literatur digunakan dalam rangka memperkenalkan, menjelaskan dan membandingkan
dengan temuan-temuan penelitian sebelumnya dan ditempatkan secara terpisah
dalam rencana studi kuantitatif. Jika hasil review literatur secara terpisah
digunakan, maka perlu dipertimbangkan apakah literatur yang akan dijelaskan
sebagai suatu ringkasan yang terintegratif, atau review teoretis atau review
metodologis.
Biasanya dalam penulisan suatu disertasi dikemukakan secara integratif.
1)
Dalam mereview literatur
ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terutama dalam hubungannya dengan
jenis literatur yang akan direview dan topik-topik yang menjadi prioritas,
yaitu : Mulai dengan mereviu artikel jurnal yang berhubungan dengan hasil
penelitian. Mulai dari artikel hasil penelitian terkini menuju artikel
sebelumnya.
2)
Lanjutkan dengan mereveiw
buku-buku yang berhubungan dengan topik penelitian, terutama pada bagian
ringkasan (summaries) literatur ilmiah.
3)
Review juga
makalah-makalah ilmiah mutakhir yang berhubungan dengan topik penelitian.
4)
Abstrak dari disertasi
merupakan suatu sumber penting yang menunjang sumber-sumber yang disebutkan
sebelumnya.[5]
Dalam penelitian kualitatif peneliti
menggunakan literature untuk mendukung penemuan. Namun, kebanyakan dalam proyek kualitatif
peneliti seringkali mencantumkan literature pada bagian akhir pembelajaran
sehingga kontras atas pembanding dengan penemuan utama didalam pembelajaran.
Kontras dan pembandingan ini tidak sama dengan prediksi didalam penelitian kuantitatif.
Dalam penelitian kualitatif, peneliti tidak
membuat prediksi tentang penemuan. Mereka lebih tertarik pada hal pendukung
penemuan penelitian, atau memodifikasi ide yang sudah ada dan mempraktekan yang
paling bagus didalam literatur.[6]
C. Langkah-langkah
dalam mereview literatur
1) Formulasi permasalahan
Penulis
memilih topik
yang sesuai dan menarik. Selain itu, permasalahan yang diangkat harus ditulis
dengan lengkap dan tepat.
2) Mencari literatur
Literature
yag dicari harus relevan dengan penelitian. Sehingga membantu kita untuk
mendapatkan gambaran (overview) dari suatu topik penelitian. Sumber-sumber
penelitian tersebut akan sangat membantu bila didukung dengan pengetahuan
tentang topik yang akan dikaji. Karena sumber-sumber tersebut akan memberikan
berbagai macam gambaran tentang ringkasan dari beberapa penelitian terdahulu.
3) Evaluasi data
Melihat dari literature yang ada, apa saja yang menjadi
kontribusi tentang topik yang dibahas. Penulis harus mencari dan menemukan
sumber data yang sesuai dengan kebutuhan penelitian. Data bisa berupa data
kualitatif, data kuantitatif maupun kombinasi dari keduanya.
4) Menganalisis dan Menginterpretasikan
Mendiskusikan dan meringkas literature yang sudah ada.[7]
Menurut John W.
Creswell dalam bukunya Educational Research, langkah-langkah dalam mereview
literatur ada 5, yaitu :
a)
Mengidentifikasi
istilah-istilah kunci
Awali pencarian pustaka anda dengan
membatasi pokok pembicaraan anda menjadi istilah kunci yang kecil menggunakan
satu atau dua kata atau frasa pendek. Anda sebaiknya memilihnya dengan
hati-hati karena mereka penting pada awal untuk menempatkan pustaka dalam
perpustakaan atau melalui pencarian internet.
b)
Menempatkan
kepustakaan
Setelah
mengidentifikasi istilah-istilah kunci,
sekarang anda dapat memulai mencari pustaka yang relevan. Anda mungkin tergoda
untuk memulai pencarian (penelitian) anda dari computer rumah dengan mengakses
situs-situs web dan menjelajahi pustaka elektronik yang tersedia dalam sebuah
topik permasalahan. Sekalipun proses ini mungkin cocok, tidak semua
pustaka dalam internet dapat dipertanggungjawabkan. Kadang orang-orang
memosting (mengirim) artikel-artikel yang tidak
sesuai standar resensi-resensi luar. Dengan meningkatnya
frekuensi, bagaimanapun dokumen teks-ful menjadi tersedia dalam internet dan
kualitasnya tidak diragukan meningkat.
c)
Gunakan
perpustakaan akademik
Untuk
mengawali penelitian anda di sebuah perpustakaan akademik. Dengan secara fisik
mencari tumpukan-tumpukan, mereview microfiche dan mengakses
computer database, anda akan menghemata waktu karena anda akan menemukan saham-saham
komprehensiv tidak tersedia melalui sumber-sumber
lain. Meskipun perpustakaan kota kecil ataupun kota besar mungkin member
pustaka yang bermanfaat, sebuah perpustakaan akademik secara khas menawarkan
koleksi yang paling luas bahan-bahan, khususnya
studi penelitian.
Saat
menggunakan perpustakaan akademik, dua tantangan dihadapi di awal peneliti.
Pertama, peneliti butuh menempatkan bahan
-suatu tugas yang sering membuat kesulitan karena luas dan kompleksnya
saham sebuah perpustakaan, seperti jurnal-jurnal atau majalah-majalah
(baru maupun lama), dokumentasi Negara, koleksi microfiche, dan indeks-indeks.
Untuk membantu melokasikan bahan, anda mungkin menggunakan layanan-layanan
surat keterangan pustakawan atau mencari melalui salahm perpustakaan
menggunakan computer. Yang kedua, adalah menanggulangi frustasi yang meningkat
ketika pengunjung perpustakaan yang lain memeriksa bahan-bahan
yang anda butuhkan, membuat mereka tidak dapat digunakan. Saat ini terjadi,
peneliti-peneliti dapat menggunakan layanan
interlibrary (pinjaman buku antar perpustakaan) sebagai cara menyelesaikan
kepustakaan. Bagaimanapun proses ini menghabiskan waktu dan membutuhkan
kesabaran.
d)
Gunakan kedua
sumber utama dan sumber sekunder
Resensi
pustaka sering memuat kedua bahan sumber utama dan sumber pendukung. Sumber Pustaka
utama berisi bahan baca yang dilaporkan oleh individu yang benar-benar
mengadakan penelitian atau orang yang menciptakan ide-ide baru.
Artikel penelitian diterbitkan oleh jurnal-jurnal
pendidikan merupakan sebuah contoh dalam tipe sumber ini. Sumber pustaka
pendukung, bagaimanapun bahan pustaka yang meringkas sumber utama. Ini
tidak merepresentasikan bahan-bahan yang
diterbitkan oleh peneliti asli atau penggagas ide. Contoh-contoh
sumber pustaka pendukung adalah handbook, ensiklopedia dan jurnal-jurnal
tertentu yang meringkas penelitian, seperti ”Review of Educational Research”.
Secara khas, anda akan melokasikan kedua sumber ini, tapi ini bagus untuk
melaporkan kebanyakan sumber-sumber utama. Sumber
utama menggambarkan bahan baca dalam bagian asli dan mengabarkan sudut pandang
penggagas asli. Sumber utama juga menyediakan detail-detail
peneliti asli lebih baik ketimbang sumber pendukung. Sumber kedua membantu saat
anda memulai tinjauan anda, untuk menjelajahi dan menentukan susunan bahan-bahan
dalam sebuah pokok pembahasan.
e)
Cari tipe-tipe pustaka
yang berbeda
Gunakan kerangka ini, anda mungkin memulai pencarian anda dari
bawah segitiga dengan berkonsultasi ringkasan penelitian yang mengumpulkan
angka-angka kajian dalam topik (informasi
sumber kedua). Dari ringkasan-ringkasan
luas ini, anda dapat mengerjakan tugas anda
ke artikel jurnal (sumber utama) dan dengan cepat pustaka baca ditemukan
di atas. Bagi banyak peneliti pemula, mengawali dengan ringkasan merupakan ide
bagus karena ringkasan memberikan gambaran ikhtisar pokok bahasan pada
level-awal pembahasan. Ringkasan juga mempunyai “kehidupan” dari tingkat ide
pertama dan telah melalui tinjauan dalam kualitas.[8]
IV.
KESIMPULAN
A.
Literature
review merupakan cerita ilmiah terhadap suatu permasalahan tertentu.
Literature review berisi ulasan, rangkuman, dan pemikiran penulis tentang beberapa sumber pustaka (artikel, buku, slide, informasi dari internet, dll) tentang topik yang dibahas. Landasan teori, tinjauan teori, dan tinjauan pustaka merupakan beberapa cara untuk melakukan literature review.
Literature review berisi ulasan, rangkuman, dan pemikiran penulis tentang beberapa sumber pustaka (artikel, buku, slide, informasi dari internet, dll) tentang topik yang dibahas. Landasan teori, tinjauan teori, dan tinjauan pustaka merupakan beberapa cara untuk melakukan literature review.
B.
Literature menyediakan tujuan yang sedikit
berbeda dengan penelitian kuantitatif, penulis menjelaskan diawal pembelajaran
untuk menunujukan pentingnya permasalahan dalam penelitian tersebut. Tetapi
dalam penelitian kualitatif penulis tidak membahas literature diawal
pembelajaran.
C.
Langkah-langkah mereview literatur :
a. Mengidentifikasi istilah-istilah kunci
b. Menempatkan kepustakaan
c. Gunakan perpustakaan akademik
d. Gunakan kedua sumber utama dan sumber sekunder
e. Cari tipe-tipe pustaka yang berbeda
V.
PENUTUP
Demikianlah
makalah yang dapat kami uraikan. Kami menyadari bahwa dalam penyusunan makalah
ini masih banyak kekurangan. Karena sesungguhnya kesempurnaan itu milik Allah
dan kekurangan adalah bagian dari kita. Oleh karena itu, kami mengharapkan
kritik dan saran yang konstruktif untuk memperbaiki makalah berikutnya. Semoga
makalah ini bermanfaat dan menambah referensi pengetahuan kita. Terima kasih.
[1] file:///D:/fiLe%20kUL!4h/Smster%206/MPP/Pengertian%20Literatur%20Review%202.htm, download tgl
29 Maret 2014
[2] John W.
Creswell, Educational Research, (New Jersey: Person Education, 2008), hlm. 89
[3] D:\fiLe
kUL!4h\Smster 6\MPP\Pentingnya Telaah Pustaka dalam Penelitian Kualitatif sinaukomunikasi.htm, download tgl 29 Maret
2014
[4]
John W.
Creswell, Educational Research, (New Jersey: Person Education, 2008), hlm. 90
[5]D:\fiLe
kUL!4h\Smster 6\MPP\RESEARCH DESIGN QUALITATIVE & QUANTITATIVE APPROACHES
(By John W. Creswell) Jofipasi's
Blog.htm, download tgl 30 Maret 2014
[6]
John W.
Creswell, Educational Research, (New Jersey: Person Education, 2008), hlm. 90
[7]
file:///D:/fiLe%20kUL!4h/Smster%206/MPP/Literature%20review%20-%20widuri.htm, download tgl 29 Maret 2014
[8]
John W.
Creswell, Educational Research, (New Jersey: Person Education, 2008), hlm.
91-93
DAFTAR
PUSTAKA
John W. Creswell, 2008, Educational Research, New Jersey: Person
Education,
D:\fiLe kUL!4h\Smster 6\MPP\Pentingnya Telaah Pustaka dalam Penelitian
Kualitatif sinaukomunikasi.htm,
download tgl 29 Maret 2014
D:\fiLe kUL!4h\Smster 6\MPP\RESEARCH DESIGN QUALITATIVE &
QUANTITATIVE APPROACHES (By John W. Creswell)
Jofipasi's Blog.htm, download tgl 30 Maret 2014
REVIEW
LITERATUR
MAKALAH
Disusun Guna Memenuhi
Tugas
Mata Kuliah: Metodologi Penelitian Pendidikan
DosenPengampu: Dr.
Fahrurrozi, M.A.g
Disusun oleh:
Nur
Indah Tri S (113311005)
Nur
Chasanah (113311018)
Laily
Maftukhah (113311030)
Fauziyah (113311044)
FAKULTAS
ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI WALISONGO
SEMARANG
2014
DAFTAR
PUSTAKA
John W. Creswell, 2008, Educational Research, New Jersey: Person
Education,
D:\fiLe kUL!4h\Smster 6\MPP\Pentingnya Telaah Pustaka dalam Penelitian
Kualitatif sinaukomunikasi.htm,
download tgl 29 Maret 2014
D:\fiLe kUL!4h\Smster 6\MPP\RESEARCH DESIGN QUALITATIVE &
QUANTITATIVE APPROACHES (By John W. Creswell)
Jofipasi's Blog.htm, download tgl 30 Maret 2014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar